Loading
C$1.99 Go Daddy Web Hosting $12.99 SSL Certificates at Go Daddy 468x60 www.1and1.com

waliteknologi animation news

Tuesday 2 October 2012

Sistem Kontrol Open Loop dan Close Loop


Sistem Kontrol Kalang-Terbuka



Gambar Sistem kontrol kalang-terbuka.

Secara umum, sistem kontrol dapat dibagi menjadi dua kelompok: sistem kalang-terbuka[open-loop] dan kalang-tertutup [closed-loop]. Di dalam sistem kontrol kalang-terbuka,secara mandiri pengontrol menghitung nilai tepat dari tegangan atau arus yang dibutuhkan aktuator untuk melakukan tugasnya dan lalu mengirimkan sinyal tersebut. Tetapi dengan cara begini, pengontrol sesungguhnya tidak pernah tahu apakah aktuator melakukan yang seharusnya dilakukan karena tidak ada umpan-balik [feedback]. Sistem ini secara mutlak tergantung pada pengontrol mengetahui karakteristik kerja dari aktuator.

                       Sistem Kontrol Kalang-Tertutup

   


Dalam sistem kontrol kalang-tertutup, output dari proses (variabel terkontrol) secara terus menerus dipantau oleh suatu sensor, seperti yang diperlihatkan pada Gambar 1.3(a).Sensor mencuplik output sistem dan mengubah hasil pengukuran ini menjadi sinyal elektrik yang dikirimkannya balik kepada pengontrol. Karena pengontrol mengetahui apa yang sesungguhnya dilakukan sistem, ia dapat membuat penyesuaian apa pun yang dibutuhkan untuk mempertahankan output pada nilai yang semestinya. Sinyal dari pengontrol kepada aktuator adalah jalur maju [forward path], dan sinyal dari sensor kepada pengontrol adalah umpan-balik (yang "menutup" kalang sistem kontrol).



                        Gambar Sistem kontrol kalang-tertutup.

Fitur perbaikan-diri dari kontrol kalang-tertutup ini membuatnya lebih disukai dari pada kontrol kalang-terbuka, meskipun dibutuhkan perangkat-keras tambahan. Hal ini disebabkan sistem kontrol kalang-tertutup memberikan kinerja yang andal dan dapat diulangi meskipun komponen-komponen sistem itu sendiri (pada jalur maju) tidak mutlak dapat berulang dan diketahui secara cermat.

No comments:

 
Copyright 2009 WaliTeknologi. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | Blogger Styles | WP by Masterplan