Loading
C$1.99 Go Daddy Web Hosting $12.99 SSL Certificates at Go Daddy 468x60 www.1and1.com

waliteknologi animation news

Saturday 28 July 2012

perlunya sistem kontrol untuk pengoperasian PLTMh

Salah satu faktor utama untuk mendukung pembangunan pedesaan adalah kesediaan energi. Oleh karena itu pengembangan energi pedesaan memegang peranan penting. Pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) menjadi alternatif utama untuk penyediaan energi pedesaan, terutama desa-desa yang memiliki potensi air yang cukup. Selama ini pembangkit listrik tenaga air skala kecil yang di bangun oleh masyarakat belum menerapkan kontrol yang dapat menyebabkan ketidakstabilan tegangan maupun frekuensi ketika beban berubah. Hal itu dapat diatasi dengan menggunakan Electronic Load Controller (ELC). ELC yang sudah ada dipasaran relatif mahal dan distribusinya masih dimonopoli. Untuk mengatasi masalah tersebut dan mendukung program Bapenas mengenai Pengembagan Wilayah dan program LIPI mengenai Teknologi tepat Guna untuk Pengembangan Wilayah perlu dilakukan penelitian Rancang Bangun Sistem Kontrol Elektronik untuk Energi Pedesaan Mikro Hidro (PLTMH).
Kontrol elektronik ini berfungsi untuk menjaga kestabilan voltase dan frekuensi listrik yang dihasilkan dari sebuah PLTMH sehingga memenuhi persyaratan standar keamanan kelistrikan. Tidak adanya kontrol menyebabkan ketidakstabilan tegangan maupun frekuensi ketika beban konsumen berubah. Kontrol berfungsi menjaga agar turbin dan generator terbebani secara konstan meskipun beban pada pemakai daya listrik berubah-ubah sehingga akan mempertahankan putaran generator dan turbin. Alat ini akan bekerja menyeimbangkan antara beban terpasang dengan beban tiruan yang dibuat, beroperasi berdasarkan daya yang disalurkan ke pemakai daya listrik. Metode yang dipakai dalam kegiatan ini adalah metode rekayasa dan rancang bangun (engineering design and construction), yaitu mulai dari desain, konstruksi, dan pengujian meliputi hardware (rangkaian kontrol) dan software (program kontrol).

No comments:

 
Copyright 2009 WaliTeknologi. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | Blogger Styles | WP by Masterplan